Tentang Integrasi LAPOR

Integrasi antara aplikasi SP4N-LAPOR! dengan aplikasi pengaduan mandiri milik K/L/D dilakukan melalui Aplication Programming Interface (API). API merupakan program yang berfungsi menjembatani sebuah aplikasi dengan aplikasi lain. 

Keterpaduan proses bisnis pengaduan pelayanan publik diterapkan melalui integrasi layanan pengaduan berbasis elektronik bagi Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah. Integrasi layanan pengaduan pelayanan publik dilakukan melalui bagi pakai data dan informasi pengaduan pelayanan publik, penyelenggaraan basis data terintegrasi, dan penyelenggaraan sistem aplikasi pengaduan pelayanan publik yang terintegrasi. Sebagai acuan dalam melakukan integrasi layanan pengaduan pelayanan publik, maka diperlukan sebuah persyaratan yang dapat dijadikan panduan dalam pengelolaan pengaduan pelayanan publik berbasis elektronik.



Dokumentasi API Integrasi

Dokumentasi API Integrasi dapat diakses pada halaman admin oleh akun yang memiliki role sebagai developer. K/L/D wajib memiliki pengembang (developer) baik internal maupun eksternal yang secara khusus ditugaskan untuk melakukan integrasi. Pengembang tersebut melakukan integrasi berdasarkan dokumentasi yang telah disediakan.

Dokumentasi tersebut telah didesain, dikembangkan, diuji dan disediakan semaksimal mungkin untuk memfasilitasi integrasi dengan LAPOR. Adapun pertanyaan, kendala atau ketidaksesuaian pada dokumentasi tersebut seringkali disebabkan oleh kesalahan di sisi pengguna, bugs aplikasi, atau kurang lengkapnya dokumentasi. 

Pengelola LAPOR menyediakan API integrasi beserta dokumentasinya sebagai referensi untuk seluruh K/L/D, namun tidak memiliki kewajiban untuk melakukan pendampingan satu-persatu hingga berhasil terintegrasi dengan LAPOR karena teknologi yang digunakan oleh K/L/D mungkin sangat bervariasi. 

Pertanyaan teknis terkait integrasi dapat disampaikan melalui admin@lapor.go.id atau melalui group pengembang untuk menjadi feedback dalam versi selanjutnya.



Prosedur Integrasi (DRAFT)
No.
Pelaksana
Langkah
1 K/L/D Menyampaikan permintaan akses integrasi LAPOR dengan informasi nama instansi, serta email yang digunakan untuk login ke LAPOR
2 Kemenpan RB Melakukan validasi untuk memastikan instansi dan email tersebut telah terdaftar sebagai instansi penanggung jawab LAPOR
3 Kemenpan RB Menerbitkan surat keterangan kepada Kemenkominfo bahwa akun dengan email tersebut merupakan instansi penanggung jawab pada aplikasi LAPOR
4 K/L/D Mengirimkan surat permohonan integrasi ke Kementerian Komunikasi dan Informatika, disertai dengan surat keterangan dari Kemenpan RB
5 Kemkominfo Melakukan asesmen pada aplikasi sejenis dan memberikan keputusan apakah disetujui untuk diintegrasikan, disetujui untuk dikonsolidasikan atau ditolak
6 Kemkominfo Apabila disetujui untuk diintegrasikan, Kemenkominfo memberikan role sebagai developer di aplikasi LAPOR
7 Kemkominfo Mengundang akun email yang tertera ke platform komunikasi teknis integrasi
8 K/L/D, Kemkominfo, Developer  Melakukan integrasi dan diskusi teknis melalui platform komunikasi yang ditetapkan
9 Kemkominfo Kementerian Kominfo memberikan informasi ke Kemenpan RB bahwa integrasi pada instansi tersebut selesai dilakukan

Kontak Integrasi LAPOR

Untuk pertanyaan dan mekanisme integrasi dapat menghubungi:

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi
Jl. Jend. Sudirman Kav. 69 Jakarta Selatan - 12190 Indonesia
Telepon: (+6221) 7398381 - 89
Website: www.menpan.go.id
Email: lapor@menpan.go.id

Kementerian Komunikasi dan Informatika
Jl. Medan Merdeka Barat No.9 Jakarta Pusat
Telepon: 021-34830963 / +62 811-1111-3111
WhatsApp : +62 815-1945-6822
PPI : 159
Website: www.kominfo.go.id
Email: kontak@kominfo.go.id 



Terakhir diperbarui pada 23 September 2021