Jakarta, November 2015 - Pengelola LAPOR! diundang oleh Asia Society Philippines dalam acara tahunan mereka, yaitu Asia Society Philippines Transparency Forum 4.0. Bersama dengan The World Bank, Transparency International Korea, Information and Communications Technology Office (DOST-ICTO) Philippines, Commission on Elections (COMELEC) Philippines, National Citizens' Movement for Free Elections (NAMFREL) Philippines, Young Public Servants, Movement for Good Governance dan The Supreme Court Philippines, pengelola LAPOR! dibawah Kedeputian I Kantor Staf Presiden, menjadi narasumber dalam dialog bertema The Road to an Empowered Citizenry.

Dalam acara tersebut, Agung Hardjono, Tenaga Ahli Utama di Kedeputian I Kantor Staf Kepresidenan, mempresentasikan mengenai LAPOR! sebagai sistem penampung aspirasi masyarakat dan transparansi pemerintah. Tidak hanya diundang sebagai narasumber, Agung Hardjono juga sempat diwawancarai oleh salah satu media nasional Filipina, ABS-CBN.

Dalam wawancaranya, Agung Hardjono menjelaskan pentingnya LAPOR! berada di bawah pengawasan Presiden langsung melalui Kantor Staf Presiden. Dengan sistem yang demikian, pemerintah berharap setiap aspirasi atau pengaduan masyarakat yang di sampaikan melalui LAPOR! dapat lebih cepat direspon dan ditindaklanjuti oleh instansi terkait. Selain itu, LAPOR! juga menggunakan sistem yang sangat transparan dalam sistem kerjanya dimana pelapor dapat terus mengawal laporan yang dilaporkan melalui tracking id yang didapatkan ketika melapor. Lebih jauh, LAPOR! juga secara berkala menyajikan infografis mengenai isu laporan yang sering dilaporkan serta tingkat respon setiap kementrian. Dengan demikian, masyarakat memiliki peranan penting dalam menyukseskan LAPOR!. Tidak hanya sebagai pelapor, tetapi juga berperan sebagai pengawas kinerja setiap instansi pemerintah.

Hingga saat ini, pengelola LAPOR! juga terus meningkatkan kerjasama-kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka menyosialisasikan LAPOR! terhadap seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sebaik apapun sistem yang dimiliki oleh LAPOR!, akan lebih baik apabila diimbangi dengan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap LAPOR!. Mewujudkan pembangunan dan pelayanan publik yang berkualitas merupakan tanggung jawab baik pemerintah maupun masyarakat.

 

 

LAPOR!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat.

#AyoLAPOR! untuk mengawasi program pemerintah melalui

lapor.go.id atau SMS ke 1708

blog.lapor.go.id

Twitter/Instagram/Youtube: @LAPOR1708

Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Shop Womens Socks - View the Large Range
Antara Sumbar -- Kantor Staf Presiden RI mendorong masyarakat untuk menyampaikan pengaduan tentang masalah pembangunan dan pelayanan publik melalui situs www.lapor.go.id serta layanan pesan seluler ke nomor 1708.
 
"Pemerintah telah membuat layanan pengaduan yang dikelola langsung Kantor Staf Presiden, pastikan laporan yang disampaikan berisi informasi yang jelas dan disertai data pendukung," kata Manajer Pengaduan Online situs www.lapor.go.id Kantor Staf Presiden, M Gibran Sesunan di Padang, Senin.
 
Ia menyampaikan hal itu saat tampil sebagai pembicara dalam Lokakarya Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional yang digelar Ombudsman perwakilan Sumbar.
Nike

Read more: Kantor Staf Presiden Dorong Masyarakat Sampaikan Pengaduan

CNN Indonesia -- Kantor Staf Presiden turut memantau distribusi dan pemanfaatan dana desa melalui sistem Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat (LAPOR). Deputi bidang Pengendalian Pembangunan Program Prioritas Darmawan Prasodjo mengatakan LAPOR menjadi sarana agar masyarakat aktif memantau dana desa di daerahnya masing-masing. "Sistem pengaduan masyarakat harus dibuat bukan seperti talking to the hand, sehingga penyelesaian masalah sampai benar-benar rampung," ujar Darmawan melalui keterangan tertulis yang diterima CNN Indonesia, Selasa (29/9). Darmawan mengatakan masyarakat dapat melaporkan pemanfaatan dana desa di daerahnya melalui aplikasi telepon genggam, Twitter atau pesan singkat ke 1708.

Sneakers

Read more: Pemerintah Ajak Masyarakat Pantau Dana Desa Lewat LAPOR!

 

BNPB- Deputi I Kantor Staf Presiden Darmawan Prasojo menyatakan bahwa Pertemuan akbar Pengelola LAPOR ini sesuai dengan arahan Presiden Jokowi dengan konsep Nawacitanya dan Bagaimana pelayanan publik ini ditingkatkan merupakan fokus Presiden Jokowi. LAPOR merupakan aplikasi yang membanggakan karena 50% dari pengaduan masyarakat dapat diselesaikan dengan cepat. “Rencananya, 5 pertanyaan dari masyarakat akan dijawab langsung oleh Presiden Jokowi di Istana,”tambahnya. Sedangkan peserta pertemuan adalah perwakilan seluruh kementerian, Polri, Kejaksaan Agung, Ombudsman RI, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan dll. LAPOR adalah sebuah sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial yang mudah diakses dan terpadu dengan 81 Kementerian/Lembaga, 5 Pemerintah Daerah, serta 44 BUMN di Indonesia.

 

Chuck Taylor All Star

Read more: LAPOR Sebagai Sarana Pengaduan Online Rakyat

 

 

Jakarta, 23 Agustus 2015 – Kedeputian I Kantor Staf Presiden (KSP) menerima kunjungan rekan-rekan Kementerian Sekretariat Negara (Setneg) dan Sekretariat Kabinet (Setkab). Kunjungan ini bertujuan untuk mempelajari kultur kerja di masing-masing instansi serta membangun semangat kolaborasi di lingkungan kantor kepresidenan.

Pertemuan dibuka oleh Deputi I Kepala Staf Kepresidenan Darmawan Prasodjo di Situation Room Bina Graha, kemudian dilanjutkan dengan sesi diskusi dan kunjungan ke ruang kerja Kedeputian I KSP. Ruang kerja yang tanpa sekat mengimpresi rekan-rekan yang hadir karena dinilai tidak biasa terjadi di kantor pemerintahan pada umumnya. Desain seperti ini diharapkan dapat memperlancar komunikasi antar-tenaga profesional sehingga tugas dan fungsi dapat dikerjakan secara efektif dan efisien.

Air Max 95 VaporMax

Read more: Kunjungan Ke KSP, Setneg dan Setkab Diperkenalkan Budaya Kerja Tanpa Sekat

Go to top