Nasional – LAPOR! mengadakan pertemuan dengan Pemerintah Kota Bandung beberapa waktu

lalu. Pertemuan ini bertujuan untuk membahas perkembangan LAPOR! dan kinerja Pemerintah

Kota Bandung dalam menangani laporan masyarakat.

 

LAPOR! memaparkan keterhubungannnya dengan berbagai instansi pemerintah maupun non-

pemerintah. Hingga saat ini tercatat ada 10 Pemerintah Provinsi, 4 Pemerintah Kabupaten dan 1

Pemerintah Kota di Indonesia yang telah terhubung dengan LAPOR!

Sementara Pemkot Bandung memaparkan jumlah laporan yang masuk dan cara menangani

laporan-laporan tersebut. Dengan kondisi masyarakat yang partisipatif, LAPOR! sangat efektif

dalam membantu Pemkot Bandung menampung aspirasi masyarakat.

 

Sebelumnya, pemerintah kota Bandung menggunakan akun-akun media sosial seperti twitter

dalam menampung aspirasi masyarakat Bandung. Tagar #ridwankamil, #ridwan.kamil dan

#ridwan_kamil contohnya. Tetapi, karena banyaknya aspirasi masyarakat yang dikirim melalui

akun twitter, hal tersebut menimbulkan kesulitan bagi pemerintah kota Bandung untuk

mengelola aduan masyarakat.

 

“Dengan adanya LAPOR!, semua produk pengaduan dari masyarakat itu berhasil kami tangani,”

ujar Amiril, (Dinas Komunikasi dan Informasi Kota Bandung) . Hingga saat ini, pemerintah Kota

Bandung telah menyelesaikan hampir 8000 laporan yang dilaporkan melalui sistem LAPOR!

 

Tidak hanya untuk menampung aspirasi masyarakat, keterhubungan Pemkot Bandung juga

digunakan untuk menilai kinerja setiap Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di Kota

Bandung. Setiap SKPD wajib menindaklanjuti laporan yang disampaikan oleh masyarakat.

Tindaklanjut tersebut yang kemudian dijadikan sebagai indikator kinerja setiap SKPD. Dengan

kata lain, LAPOR! menjadi salah satu indikator untuk reward and punishment bagi SKPD di

Bandung.

 

Namun demikian, Amiril juga menyebutkan bahwa kesuksesan pemkot Bandung dalam sistem

transparansi pemerintah tidak terlepas dari partisipasi aktif masyarakat Bandung. “Ada program

apapun juga teknologi tinggi, kalau malas menyampaikan juga tidak akan sampai,” tambahnya.

 

 

LAPOR!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. 

#AyoLAPOR! untuk mengawasi program pemerintah melalui lapor.go.id atau SMS ke 1708

blog.lapor.go.id 

Twitter/Instagram/Youtube: @LAPOR1708

Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Tienda outlet deportiva
Go to top