SINDOTRIJAYA.COM - Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4) meluncurkan Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat atau LAPOR!. LAPOR ! ini yang dikelola oleh UKP4 bekerja sama dengan Ombudsman Republik Indonesia.

"Visi layanan ini adalah untuk menjadi portal pengaduan nasional terpadu yang tentu saja dapat memangkas rantai birokrasi antara masyarakat dengan pemerintah," kata Pengelola LAPOR! Amri Priyadi di Jakarta, Jumát (12/4/2013) dalam siaran persnya.

Air More Uptempo

 

Saat ini LAPOR! telah terkoneksi dengan 60 Kementerian/Lembaga, dan sejak Januari 2013 Pemprov DKI juga mulai menyatukan kanal pengaduannya menggunakan LAPOR!.

"Bagi siapapun yang ingin memantau bagaimana laporan yang ada itu tersampaikan dan direspons secara real time, silakan klik laman www.lapor.ukp.go.id,” imbuh Amri.

Selain melalui laman LAPOR!, UKP4  juga memanfaatkan twitter melalui akun @LAPOR_UKP4, pesan pendek bernomor 1708. Pengaksesannya dapat melalui aplikasi ber-platform Android maupun BlackBerry.

Kalangan akademisi tidak mau ketinggalan berpartisipasi. Paramadina Public Policy Institute (PPPI), adalah salah satunya. Dengan menggandeng berbagai lembaga, PPPI akan mengadakan kompetisi laman Kementerian/Lembaga (K/L) melalui IMAGES (Improving Ministries and Agencies Website for Transparency) Initiative.

“Selain membantu K/L dalam menyajikan dan mengelola informasi, kompetisi semacam ini secara tak langsung juga berperan dalam mendorong peran-serta masyarakat melalui internet,” tegas Tara Hidayat, Deputi IV Kepala Unit Kerja Presiden Bidang Pengawasan dan Pengendalian Pembangunan (UKP4).  **

Sumber: sindotrijaya.com

http://www.sindotrijaya.com/news/detail/3573/ukp4-dan-ombudsman-ri-kelola-lapor#.VR0D3PyUdlt

Go to top