Nasional - Pada tanggal 6 Januari 2016, LAPOR! berkesempatan berbincang langsung dengan salah satu Pelapor melalui program #Rabu Berbincang (RANCANG) di kanal twitter LAPOR!

Joshua merupakan mahasiswa jurusan Sastra Inggris di salah satu perguruan tinggi di Jakarta. Ia menceritakan pengalamannya melapor melalui sistem LAPOR! pada November 2015, ia merasakan langsung kisah sukses atas tindak lanjut laporannya. Saat itu Joshua melaporkan masalah pelayanan pembuatan KTP elektronik di DKI Jakarta melalui website LAPOR! pada tanggal 16 November 2015. Joshua telah melakukan data recording untuk E-KTP pada Juli 2014, akan tetapi E-KTP tersebut tidak kunjung cetak. Proses pengajuan pembuatan E-KTP diawali dengan meminta langsung tanda tangan formulir permintaan cetak E-KTP dan Joshua sudah melakukan hal tersebut. Di Jakarta perekaman dan distribusi E-KTP dilakukan di kantor lurah atas pengawasan Sudin Dukcapil Setempat. Setahun tidak kunjung jadi, pada Juli 2015 Joshua mengajukan formulir permohonan pencetakan, seharusnya pada September 2015 E-KTP yang seharusnya sudah bisa diambil tidak kunjung jadi bahkan Joshua harus mengulang formulir permohonan cetaknya.

Joshua bersikukuh untuk mencetak E-KTPnya dikarenakan adanya Ingub DKI no 191/2015 bahwa mulai 1 Januari 2016 pelayanan publik di Jakarta wajib menggunakan/rekam E-KTP.

Akhirnya Joshua memutuskan melapor melalui kanal LAPOR! pada akun LAPOR! di website. Selang 2 hari kerja Laporan Joshua telah mendapat respon, diverifikasi, dan didisposisikan ke Dinas Dukcapil DKI Jakarta. Tidak sampai satu bulan, E-KTP Joshua dapat diterima tanpa dipungut biaya!

Lengkapnya Kisah Sukses Pelaporan Joshua dapat diakses melalui tautan berikut ini: https://www.lapor.go.id/id/1392886

Jadi rekan-rekan jangan lupa untuk melapor melalui kanal LAPOR! apabila mendapati permasalahan pelayanan publik atau permasalahan pembangunan di Indonesia.

 

 

 

 

LAPOR!

 

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. 

 

#AyoLAPOR! untuk mengawasi program pemerintah melalui lapor.go.id atau SMS ke 1708

 

blog.lapor.go.id

 

Twitter/Instagram/Youtube: @LAPOR1708

 

Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

 

Air Jordan XXX 30 Shoes
Go to top