Selamat memperingati Hari Pangan Sedunia #SahabatLAPOR! Tahun 2019 ini, tema yang diangkat oleh Food and Agriculture Organization of The United Nations adalah "Our action are our future, healthy diets #zerohungerworld"

Hari pangan sedunia menjadi peringatan akan kepekaan dan perhatian mengenai pentingnya penanganan masalah pangan dan gizi buruk secara internasional. Selama beberapa dekade, dunia terus berusaha dalam memerangi kelaparan. Dilansir dari Food and Agriculture Organization of the United Nations, jumlah orang yang mengalami kekurangan gizi terus meningkat. Saat ini, lebih dari 820 juta orang, atau kira-kira satu dari sembilan orang mengalami kelaparan. Ketahanan pangan di zaman kita bukan hanya masalah kuantitas, namun juga masalah kualitas. Diet yang tidak sehat ini menjadi salah satu faktor risiko utama timbulnya penyakit dan kematian di seluruh dunia.

Pemerintah sendiri menjadikan hari ini sebagai momentum untuk meningkatkan kualitas dan produktivitas pangan nasional. Harapannya, negara kita dapat menjadi lumbung pangan dunia di tahun 2045 mendatang.  Visi pemerintah saat ini ialah terus meningkatkan produktivitas pangan dengan cara memanfaatkan potensi lahan tidur terutama lahan rawa lebak, menjadi lahan pertanian produktif yang sangat berpotensi sebagai penyedia stok pangan nasional.

Apa yang dapat kita lakukan sebagai konsumen dan warga? Nah FAO memberikan beberapa tips untuk melakukan diet sehat untuk meningkatkan gizi sahabat LAPOR! dan anggota keluarga nih silakan dipraktekan ya :

1. Makan yang cukup, pilih yang aman, bergizi dan beragam makanan untuk menjalani kehidupan yang aktif dan mengurangi risiko penyakit.

2. Tingkatkan asupan buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan , biji-bijian utuh yang belum mengalami proses pengolahan.

3. Batasi asupan makanan yang tinggi lemak (terutama lemak jenuh), gula dan garam.

4. Pertimbangkan dampak lingkungan dari setiap makanan yang kita konsumsi.

4. Selain hal yang telah disebutkan di atas , dilengkapilah dengan aktifitas fisik yang rutin.

5. Pelajari atau tinjau kembali  hal mengenai makanan lokal, makanan musiman, nutrisi, kegunaan didalamnya , cara memasak yang benar dan bagaimana cara melestarikannya.

Mari kita semua dukung agar dapat terwujud! #LAPOR1708

balerínky
Go to top