LAPOR! merupakan salah satu sistem teknologi informasi yang dikelola dan dikembangkan oleh Kedeputian I, Kantor Staf Presiden. Tugas dan fungsi dari Kantor Staf Presiden sendiri yaitu memberi dukungan kepada Presiden dan Wakil Presiden dalam melaksanakan pengendalian program-program prioritas nasional, komunikasi politik dan pengelolaan isu strategis penyelesaian masalah secara komprehensif, percepatan pelaksanaan dan pemantauan program prioritas nasional serta tugas lain yang diberikan presiden.

Dengan demikian, selain memiliki tugas dan fungsi untuk menerima aspirasi dan pengaduan masyarakat. LAPOR! juga mendukung kinerja Kantor Staf Presiden, dimana data pengaduan dari masyarakat dapat dimanfaatkan sebagai salah satu input dalam pengambilan kebijakan. Untuk mendukung kinerja Kantor Staf Presiden, kini LAPOR! memiliki segmen terbaru dalam berbagai kanal media sosial LAPOR! yaitu segmen “Kenal dan Kawal”. Segmen ini bertujuan untuk memperkenalkan implementasi program prioritas nasional yang tertera dalam nawacita. Dimana “Kenal dan Kawal” akan memperkenalkan kepada masyarakat luas berbagai kegiatan pantauan Kantor Staf Presiden. Selain memberi informasi kepada masyarakat mengenai program-program prioritas nasional, Kenal dan Kawal juga mengajak masyarakat untuk turut aktif mengawal program-program prioritas nasional tersebut jika masyarakat menemui masalah atau keluhan mengenai program-program tersebut dapat melaporkannya atau menyampaikan aspirasi mereka melalui LAPOR!.

Berdasarkan RENAKSI 2016, ada 335 kegiatan prioritas yang di monitor oleh Kantor Staf Presiden. Kegiatan-kegiatan prioritas tersebut adalah implementasi dari NAWACITA sesuai janji Presiden Jokowi.

Minggu pertama (1-7 Februari) “Kenal dan Kawal”, LAPOR! memperkenalkan berbagai kegiatan prioritas klaster infrastruktur yang dilakukan pemerintah Indonesia. Kementrian Pelaksana untuk klaster infrastruktur sendiri adalah Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Kementrian Badan Usaha Milik Negara, dan Kementrian Perhubungan. Secara umum ada 16 kegiatan klaster infrastruktur (transportasi) yang dilaksanakan pada tahun 2016 dari pembangunan bandara, terminal, jalan tol, sampai dengan prasarana dan fasilitas pendukung kereta api. Secara khusus ada pembangunan Jalan Baru 2.650 km, pembangunan Jalan Tol 1.000 km dan pembangunan dan pengelolaan prasarana dan fasilitas pendukung kereta api sepanjang 185,15 km. Kegiatan infrastruktur sendiri merupakan implementasi dari NAWACITA nomor 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 9.

Untuk menyukseskan pelaksanaan kegiatan infrastruktur tersebut, diperlukan partispasi dari masyarakat Indonesia. LAPOR! berharap melalui segmen “Kenal dan Kawal”, masyarakat Indonesia dapat semakin mengetahui berbagai program prioritas pemerintah dan secara aktif mengawal dan mendampingi pemerintah dalam pengimplementasian program-program tersebut apabila menemukan permasalahan di lapangan.

Jangan lupa simak segmen “Kenal dan Kawal” di berbagai media sosial LAPOR! setiap hari Jumat. Kenali Nawacita dan kawal implementasinya untuk Indonesia yang lebih baik.

 

 

 

LAPOR!

 

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. 

 

#AyoLAPOR! untuk mengawasi program pemerintah melalui lapor.go.id atau SMS ke 1708

 

blog.lapor.go.id 

 

Twitter/Instagram/Youtube: @LAPOR1708

 

Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

 

Nike Ambassador VIII 8
Go to top