Nasional - Deforestasi di Indonesia masih merupakan masalah krusial. Tahun lalu, penelitian yang dirilis oleh Nature Climate Change menyebutkan bahwa Indonesia menjadi negara dengan angka deforestasi tertinggi di dunia, mengalahkan Brazil.
Tahun 2011, Indonesia pertama kali mengeluarkan Moratorium Hutan melalui (Inpres) Instruksi Presiden No. 10/2011 tentang penundaan penerbitan izin baru dan penyempurnaan tata kelola hutan alam primer dan lahan gambut. Inpres tersebut terus diperbahurui dan diberlakukan hingga saat ini.

Tidak hanya melalui Inpres, pemerintah juga terus melakukan upaya penghijauan kembali hutan Indonesia. Diantaranya melalui Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Indonesia. Namun demikian, penghijauan kembali bukanlah sebuah langkah yang dapat dilakukan dalam satu atau dua bulan. Diperlukan waktu bertahun-tahun dan pemeliharaan yang baik agar pohon-pohon yang ditanam dapat tumbuh dengan baik. Disisi lain, penghijauan kembali atau reboisasi tidak dapat berhasil apabila penebangan liar masih dilakukan.

Pentingnya menjaga dan melestarikan flora bukanlah tanggung jawab pemerintah semata, namun juga seluruh lapisan masyarakat. Dampak dari pengrusakan hutan juga tidak hanya dirasakan oleh sebagian orang di wilayah tertentu, tetapi juga seluruh penghuni bumi. Bumi dan segala isinya adalah sebuah ekosistem yang berkaitan satu sama lain. Apabila satu bagian dari ekosistm terganggu, maka begitu pula dengan bagian lainnya.

Nah, memperingati hari Sejuta Pohon Sedunia, LAPOR! mengajak masyarakat Indonesia untuk melaporkan apabila melihat tindakan atau kebijakan yang merusak dan membahayakan lingkungan. Masyarakat dapat menyampaikan laporannya melalui www.lapor.go.id atau SMS ke 1708.

Dengan adanya partisipasi masyarakat, pemerintah akan mengetahui secara menyeluruh tindakan-tindakan pengrusakan lingkungan yan terjadi di masyarakat sehingga berbagai bencana lingkungan dapat dicegah.
Bahu-membahu, bergandeng tangan, mari kita lestarikan lingkungan untuk keselamatan bumi.


Selamat Hari Sejuta Pohon Sedunia. Lindungi Pohon, Selamatkan Dunia!

 

 

 

 

LAPOR!

 

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. 

 

#AyoLAPOR! untuk mengawasi program pemerintah melalui lapor.go.id atau SMS ke 1708

 

blog.lapor.go.id

 

Twitter/Instagram/Youtube: @LAPOR1708

 

Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

 

Mens Nike Trainers
Go to top