Nasional, Desember 2015. LAPOR! merupakan sarana aspirasi dan pengaduan berbasis media sosial pertama yang berprinsip mudah, terpadu, dan tuntas untuk pengawasan program pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia. Sistem LAPOR! juga memiliki fitur-fitur pendukung antara lain: Tracking ID LAPOR! yang dapat digunakan pengguna untuk melakukan penelusuran atas suatu laporan; Anonim dan Rahasia dimana pelapor dapat merahasiakan identitasnya untuk fitur anonim dan fitur rahasia membatasi laporan yang hanya dapat diakses oleh pelapor dan instansi terlapor, fitur tersebut digunakan untuk laporan isu sensitif dan sangat privat; Peta dan Kategorisasi dimana baik pemerintah maupun masyarakat dapat memonitor berbagai isu dengan berbagai skala dan sudut pandang, baik berdasarkan lokasi geografis, topik, sampai status ketuntasan pelaporan; Opini Kebijakan yang dapat digunakan oleh instansi pemerintah yang telah terhubung sebagai sarana jajak pendapat.

Selain empat fitur pendukung tersebut, ada fitur “komentar” dalam sistem LAPOR! dimana dengan adanya fitur ini LAPORAN menjadi interaktif karena bersifat dua arah. Tidak hanya itu, jika laporan bukan berstatus rahasia, fitur ini dapat digunakan oleh pihak ketiga. Misalnya oleh pemimpin lembaga/instansi tersebut dalam mendorong kinerja lembaga/instansi mereka. Sebagaimana yang dilakukan oleh Walikota Ridwan Kamil, dalam mengapresiasi kinerja salah satu dinas di Kota Bandung.

 

 

Tujuan dari adanya berbagai fitur tersebut adalah LAPOR! dapat mengelola aspirasi dan pengaduan masyarakat secara partisipasif yang lebih baik.  Dengan demikian LAPOR! dapat digunakan secara efektif oleh masyarakat dalam menyampaikan laporan dan memastikan tindak lanjut, serta mendorong keterbukaan Pemerintah.

 

 

 

 

LAPOR!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat. 

#AyoLAPOR! untuk mengawasi program pemerintah melalui lapor.go.id atau SMS ke 1708

blog.lapor.go.id

Twitter/Instagram/Youtube: @LAPOR1708

Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

 

FASHION NEWS
Go to top