Nasional, Desember 2015. Agenda Prioritas Nasional pada masa Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, dikenal dengan Nawa Cita. Ada sembilan aspek yang menjadi prioritas pemerintah yaitu; kehadiran Negara untuk melindungi segenap bangsa, tata kelola Pemerintahan yang bersih efektif, demokratis dan terpercaya, pembangunan dari daerah dan desa, reformasi sistem dan penegakan hukum yang bebas korupsi, bermartabat dan terpercaya, meningkatkan kualitas hidup manusia Indonesia, meningkatkan produktivitas rakyat dan daya saing, mewujudkan kemandirian ekonomi, revolusi karakter bangsa, dan memperteguh ke-Bhineka-an serta memperkuat restorasi sosial Indonesia.

Aspek-aspek prioritas nasional tersebut kemudian diterjemahkan dan dituangkan ke dalam program-program yang dijalankan oleh Kementerian dan Lembaga Negara. Pengawasan dan Pengendalian atas Program-Program Prioritas Nasional tersebut dilakukan oleh Kedeputian 1, Kantor Staf Presiden. Dalam implementasi program-program prioritas tesebut, diperlukan pengawasan dan pengendalian yang bisa memastikan bahwa program-program prioritas tersebut dijalankan dengan baik dan tepat sasaran. Misalnya: Program prioritas pembangunan dari Desa, harus dipastikan bahwa anggaran desa digunakan secara efektif dan efisien untuk pembangunan desa dalam kerangka negara kesatuan. Untuk memastikan hal tersebut terlaksana dengan baik dan tepat sasaran, peran Kedeputian 1, Kantor Staf Presiden sangat vital karena bertanggung jawab penuh atas pengawasan dan pengendalian program-program prioritas nasional tersebut.

Dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya, Kedeputian 1 memliki beberapa sistem teknologi dan informasi yang mendukung perannya. LAPOR! merupakan salah sistem teknologi informasi yang dilelola dan dikembangkan oleh Kedeputian 1, Kantor Staf Presiden. Selain LAPOR! Kantor Staf Presiden juga memiliki SISPAN (Sistem Pengendalian Program Prioritas), PANTAU (Partisipasi Nasional untuk Pembangunan), ONE DATA, SISMONTEP (Sistem Monitoring TEPRA) dan Media Monitoring. Untuk lebih jelas dapat dilihat melalui gambar berikut:

Sumber : ksp.go.id

Kedeputian 1 memastikan bahwa program-program prioritas dilaksanakan dengan baik dan tepat sasaran melalui berbagai kanal yang dikelola dan dikembangkannya, dari internal sampai eksternal. LAPOR! merupakan kanal yang menerima aspirasi dan pengaduan langsung dari masyarakat. Sehingga fungsi LAPOR! merupakan sumber informasi bagi pemerintah terkait implementasi isu-isu terkait Nawa Cita di lapangan. Pengelola LAPOR! memilih beberapa laporan yang masuk ke sistem LAPOR! terkait isu-isu Nawa Cita dan memberikan kesimpulan/saran dari isu-isu tersebut. Dengan demikian melalui kanal LAPOR! masyarakat berperan langsung dalam implementasi program-program prioritas. Laporan-laporan terpilih tersebut dipublikasikan oleh Pengelola LAPOR! setiap minggunya. Untuk mengakses laporan pilihan tersebut silahkan masuk ke tab “Publikasi” pada blog.lapor.go.id.

 

 

 

LAPOR!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat.

#AyoLAPOR! untuk mengawasi program pemerintah melalui lapor.go.id atau SMS ke 1708

blog.lapor.go.id

Twitter/Instagram/Youtube: @LAPOR1708

Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

 

Nike Air Max 97
Go to top