Jakarta, November 2015 - Pengelola LAPOR! diundang oleh Asia Society Philippines dalam acara tahunan mereka, yaitu Asia Society Philippines Transparency Forum 4.0. Bersama dengan The World Bank, Transparency International Korea, Information and Communications Technology Office (DOST-ICTO) Philippines, Commission on Elections (COMELEC) Philippines, National Citizens' Movement for Free Elections (NAMFREL) Philippines, Young Public Servants, Movement for Good Governance dan The Supreme Court Philippines, pengelola LAPOR! dibawah Kedeputian I Kantor Staf Presiden, menjadi narasumber dalam dialog bertema The Road to an Empowered Citizenry.

Dalam acara tersebut, Agung Hardjono, Tenaga Ahli Utama di Kedeputian I Kantor Staf Kepresidenan, mempresentasikan mengenai LAPOR! sebagai sistem penampung aspirasi masyarakat dan transparansi pemerintah. Tidak hanya diundang sebagai narasumber, Agung Hardjono juga sempat diwawancarai oleh salah satu media nasional Filipina, ABS-CBN.

Dalam wawancaranya, Agung Hardjono menjelaskan pentingnya LAPOR! berada di bawah pengawasan Presiden langsung melalui Kantor Staf Presiden. Dengan sistem yang demikian, pemerintah berharap setiap aspirasi atau pengaduan masyarakat yang di sampaikan melalui LAPOR! dapat lebih cepat direspon dan ditindaklanjuti oleh instansi terkait. Selain itu, LAPOR! juga menggunakan sistem yang sangat transparan dalam sistem kerjanya dimana pelapor dapat terus mengawal laporan yang dilaporkan melalui tracking id yang didapatkan ketika melapor. Lebih jauh, LAPOR! juga secara berkala menyajikan infografis mengenai isu laporan yang sering dilaporkan serta tingkat respon setiap kementrian. Dengan demikian, masyarakat memiliki peranan penting dalam menyukseskan LAPOR!. Tidak hanya sebagai pelapor, tetapi juga berperan sebagai pengawas kinerja setiap instansi pemerintah.

Hingga saat ini, pengelola LAPOR! juga terus meningkatkan kerjasama-kerjasama dengan berbagai pemangku kepentingan dalam rangka menyosialisasikan LAPOR! terhadap seluruh lapisan masyarakat Indonesia. Sebaik apapun sistem yang dimiliki oleh LAPOR!, akan lebih baik apabila diimbangi dengan kesadaran dan partisipasi masyarakat terhadap LAPOR!. Mewujudkan pembangunan dan pelayanan publik yang berkualitas merupakan tanggung jawab baik pemerintah maupun masyarakat.

 

 

LAPOR!

Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat.

#AyoLAPOR! untuk mengawasi program pemerintah melalui

lapor.go.id atau SMS ke 1708

blog.lapor.go.id

Twitter/Instagram/Youtube: @LAPOR1708

Facebook: Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat

Shop Womens Socks - View the Large Range
Go to top