JAKARTA, BLOG.LAPOR.go.id - Hasil survei Polling Center mengenai LAPOR! atau Layanan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat menampilkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap layanan ini. Pengumpulan data dilakukan pada 12-27 Juli 2016 dengan menggunakan metode Computer Assisted Telephone Interview (wawancara melalui telepon). Adapun jumlah sampel survei ini sebanyak 1000 responden yang secara mandiri pernah menyampaikan aspirasi/keluhan melalui LAPOR! dari seluruh Indonesia.

Dalam hasil survei tersebut, kepuasan masyarakat terhadap kemudahan penggunaan setiap media LAPOR! mendapatkan persentase paling besar, yakni 88 persen. Mudah digunakan, dapat diakses kapan dan dimana saja, dan responsif menjadi alasan utama masyarakat menjatuhkan pilihan pada LAPOR!. “Karena ini sifatnya dalam jaringan atau daring, jadi aksesnya lebih mudah. Terus karena daring, harapannya pihak yang diadukan juga bisa membaca,” kata salah satu responden. Hal ini didukung oleh layanan LAPOR! yang tidak hanya terpaut pada satu media yakni SMS melainkan juga website, media sosial, dan mobile apps.  

Selanjutnya, survei menunjukkan 79 persen merasa puas dengan transparansi dan 70 persen merasa puas dengan tindak lanjut dari sistem LAPOR!. Rendahnya persentase aspek tindak lanjut dibanding aspek lainnya dikarenakan banyak kasus yang belum selesai ditangani oleh instansi-instansi pemerintahan yang berwenang menyelesaikan laporan-laporan tersebut (dengan asumsi sudah lebih dari empat minggu). Meski demikian, sistem LAPOR! tetap dianggap transparan karena terus  memperbaharui informasi mengenai proses laporan para pelapor dan 75 persen sudah merasa puas dengan pelayanan tersebut.

Melalui survei, Polling Center menyimpulkan bahwa masyarakat memiliki harapan besar dan respon positif terhadap LAPOR!. Tidak hanya antusias untuk menggunakan, masyarakat juga sepakat untuk terus merekomendasikan LAPOR! ke kerabat terdekat. Promosi setiap media khususnya aplikasi, penyampaian informasi secara berkala, dan optimalisasi media konfirmasi laporan adalah beberapa harapan dari masyarakat bagi peningkatan kinerja LAPOR! ke depannya.

Program pembangunan dan pelayanan publik masih terus dijalankan oleh pemerintah. Misi LAPOR! untuk meningkatkan partisipasi dan interaksi masyarakat terhadap pemerintah belum selesai. #AyoLAPOR untuk mengawasi pembangunan dan pelayanan publik di Indonesia melalui www.lapor.go.id atau SMS ke 1708. Simak aktivitas pengelola LAPOR! melalui blog.lapor.go.id dan kanal instagram @LAPOR1708 https://instagram.com/lapor1708/