Jakarta, 6 Juli 2015 – Kedeputian I Kantor Staf Presiden kembali mengadakan sesi diskusi sebagai bagian dari peningkatan kapasitas dan kompetensi tenaga profesional dalam menjalankan tugas dan fungsi Kantor Staf Presiden. Sesi diskusi kali ini bertema “Sistem Informasi Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah”, menghadirkan Bapak Gatot Pambudi selaku Direktur Perencanaan – Monev Pengadaan Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) sebagai narasumber, dan dihadiri juga oleh Peserta Program Magang LAPOR! Angkatan VII.

Narasumber menerangkan bahwa materi ini terkait dengan Peraturan Presiden Nomor 96 Tahun 2014 tentang Rencana Pitalebar Indonesia 2014 – 2019 dan arahan Presiden Joko Widodo melalui Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2015 tentang percepatan Pelaksanaan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Pada dasarnya, LKPP telah membangun Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan (SIRUP), yang memuat data hingga ke satuan paket sehingga proses pengadaan dapat dengan mudah terpantau dan diawasi. Sistem inilah yang diharapkan dapat berkontribusi lebih penerapan­ e-government di Indonesia.

Narasumber juga menceritakan kisah sukses di level daerah, antara lain di Pemkot Surabaya dan Pemkot Bandung, yang antara lain didukung oleh faktor komitmen yang baik dari kepala daerahnya untuk mendorong terwujudnya cita-cita e-government. Sebagai penutup, narasumber mengharapkan dukungan Kantor Staf Presiden dalam memfasilitasi seluruh pemangku kepentingan untuk mengintegrasikan sistem-sistem yang ada agar datanya komprehensif dan dapat dimanfaatkan secara optimal dalam perumusan kebijakan.