PERBARA (Perhimpunan Bangsa-bangsa Asia Tenggara) atau yang lebih dikenal dengan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations) hari ini 8 Agustus 2019 tepat merayakan hari jadinya yang ke-52 tahun.

ASEAN merupakan organisasi geo-politik dan ekonomi kerjasama internasional antar negara-negara yang terletak di kawasan Asia Tenggara. Sejarah ASEAN pertama dibentuk di tahun 1967 dengan ditandatanganinya Deklarasi Bangkok oleh 5 negara pendiri ASEAN yaitu Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, dan Thailand. Kemudian pada tanggal 7 Januari 1984 ASEAN mendapat anggota baru yaitu Brunei Darussalam dan disusul oleh Vietnam sebagai anggota baru ASEAN yang ketujuh pada tanggal 28 Juli 1995. Hingga sampai saat ini, negara-negara yang ikut bergabung menjadi anggota ASEAN berjumlah 10 negara, terdiri dari semua negara di kawasan Asia Tenggara, kecuali Timor Leste dan Papua Nugini.

Tujuan dari organisasi ini adalah untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, kemajuan sosial, mengembangkan kebudayaan, serta memajukan perdamaian di tingkat regionalnya. ASEAN juga bertujuan mempromosikan studi Asia Tenggara dan menjalin kerjasama dengan organisasi regional lain di dunia.

Setelah melihat sedikit sejarahnya, berbagai situasi pun pernah mewarnai hubungan negara-negara yang bergabung dalam ASEAN, kita tahu bahwa hubungan dan kerjasama selama  ini telah berpengaruh terhadap kestabilan regional maupun internasional. Hal ini juga menjadi faktor penting sehingga terciptanya iklim yang baik bagi investasi dan pembangunan antar anggota ASEAN.

Semoga di usia yang ke-52 tahun ini, seluruh anggota negara-negara ASEAN semakin maju lagi dalam pertumbuhan ekonominya, kebudayaannya, serta yang penting adalah semakin kuat solidaritasnya, damai dan sejahtera.

Go to top